Saturday, 11 April 2015

Kumpulan Soal-Soal Ujian Keahlian Pelaut (UKP) Pra Prala ANT IV Januari 2015
















 Ujian Keahlian Pelaut (UKP) Pra Prala merupakan hal yang wajib dilaksanakan dan merupakan proses untuk menjadi seorang perwira .

 Pada saat menjelang ujianlah sebagian orang akan sibuk mencari bahan entah dari dosen atau browsing internet namun ada sebagian orang yang tak acuh dan pasrah "gimana nanti" namun tak ada usaha hehe..

 Kumpulan Soal-Soal Ujian Keahlian Pelaut (UKP) Pra Prala ANT IV 
 
SISTEM NAVIGASI ELEKTRONIK
1.Sebutkan data-data yang diberikan oleh pesawat navigasi AIS yang merupakan:
a.Data statis (tetap)
b.Data dinamis (berubah-ubah)
2.Terangkan gunanya peralatan pesawat navigasi berikut ini:
a.Topdal Sal (Sal Log)
b.Perum Gema (Echo Sounder)
3.a.Jelaskan mengapa arah mata angin yang ditunjukkan oleh Anemometer pada saat kapal berlayar adalah relatif!
b.Terangkan bagaimana caranya untuk mendapatkan arah sejati!
4.Sebutkan kepanjangan dari peralatan navigasi berikut ini:
a.AIS
b.GPS
c.ECDIS
5.Dimanakah Anda dapatkan nilai :
a.Deviasi dari sebuah pedoman magnet
b.Kesalahan Gyro dari sebuah pedoman Gyro

METEOROLOGI
1.a.Jelaskan apa yang dimaksud dengan gaya-gaya yang bekerja pada gerakan arus angin berikut ini
 -Gradien tekanan udara
 -Gaya Coriolis
 -Gaya Sentrifugal
 -Gaya Hambat
b.Apa yang dimaksud dengan skala Beaufort dan jelaskan data-data apa  yang diberikan dari skala tersebut?
2.a.Apa yang dimaksud dengan Meteorologi ? Dan pada lapisan yang mana gejala cuaca terjadi?
b.Ada tiga macam lapisan udara yang membentuk atmosfer. Sebutkan lapisan udara yang paling bawah dan berikan keterangan singkat!
c.Apa manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di bumi dan berada pada lapisan udara yang mana?
3.Apakah yang dimaksud dengan isobar dan meliputi apa sajakah sistem-sistem isobar tersebut? Berikan penjelasan beserta gambar!
4.a.Apa yang dimaksud dengan udara jenuh? Jelaskan apa yang terjadi apabila suatu udara jenuh mengalami penurunan temperatur!
b.Berikan uraian singkat bagaimana mengatasi pengembunan di dalam palka!
5.Jelaskan apa yang dimaksud dengan front stationer,front panas,dan front dingin dan bagaimana simbol untuk menggambarkan masing-masing front tersebut!

ISYARAT VISUAL DAN KOMUNIKASI
1.Gambarkan bendera-bendera untuk maksud berikut ini (warna bendera cukup ditulis huruf awal saja) :
a.Di kapal saya ada Pandu!
b.Kapal segera berangkat!
c.Kapal saya sehat!
d.Hentikan kapal segera!
2.a.Apakah kegunaan dari bendera ular-ular pengganti?
b.Tuliskan kegunaan Ular Pembeda/Ular jawab (6 macam)!
3.Bagaimanakah cara mengisyaratkan desimal (persepuluhan) dengan:
a.Isyarat bendera
b.Isyarat cahaya
c.Isyarat radio telephony atau pengeras suara
4.a.Apa yang dimaksud dengan Isyarat Bahaya (Distress Signal)?
b.Tulislah minimal 5 (lima) macam isyarat bahaya yang digunakan jika kapal mengalami keadaan darurat!
5.a.Buatlah dalam bentuk kode isyarat Internasional :
1).Tanggal 29 September 2013
2).Pukul 10.00 malam waktu UTC
3).Baringan 5 derajat
4).Kecepatan 15,5 knot
b.Buatlah pancangan bendera isyarat dari kode isyarat Internasional dari nomor 5.a. di atas. Jika di kapal hanya terdapat satu set bendera!
Catatan:Warna bendera cukup ditulis huruf awalnya saja    :    misalnya Merah  (M).

PROSEDUR DARURAT DAN SAR (SEARCH AND RESCUE)
1.a.Sarana-sarana apakah yang digunakan oleh "Rescue Helicopter" untuk mengangkat korban?
b.Sebutkan 5 (lima) macam "Distress Signal"!
2.Jelaskan artinya istilah SAR berikut ini!
a.Most Probable Position
b.Breeches Buoy
c.Iamsar
3.a.Untuk dapat dideteksi oleh kapal lain atau tim SAR ,maka kapal yang mengalami "distress" dapat menunjukkan posisinya dengan menggunakan berbagai macam sarana .Tuliskan sarana-sarana tersebut!
b.Frekuensi berapakah yang dapat digunakan untuk "distress"?
4.a.Sebutkan isyarat-isyarat mara bahaya internasional yang digunakan secara umum untuk kapal laut!
b.Sebutkan alarm-alarm yang wajib dibunyikan untuk menandakan isyarat:
1)Kebakaran
2)Abandonship
3)Man Over Board (MOB)
5.a.Jelaskan tata cara khusus dalam prosedur darurat pada waktu "Search And Rescue"!
b.Gambar dan jelaskan pola pencarian dengan Expanding Square Search!

KEPEDULIAN LINGKUNGAN (PENCEGAHAN POLUSI)
1.a.Sebutkan jenis-jenis pencemaran sesuai dengan MARPOL 73/78!
b.Apakah yang dimaksud dengan definisi "tanker baru" dan "kapal baru"?
c.Apakah yang dimaksud dengan "slop tank"?
2.Apa yang dimaksud dengan "Sampah" Dan jelaskan cara pembuangan sampah tersebut sesuai Annex 73/78?
3.Jelaskan secara rinci garis besar isi dari buku catatan minyak:
a.Untuk kapal-kapal tangki (tanker)
b.Untuk kapal-kapal yang bukan tangki (tanker)
4.a.Sebutkan peralatan dan sarana yang digunakan untuk melakukan penanggulangan pencemaran laut oleh minyak (minimal 10)!
b.Apa yang dimaksud dengan "Harmful Substance"?
5.Dalam konvensi Internasional tentang pencemaran dari kapal,apa yang dimaksud dengan :
a.Oil Disharge Monitoring
b.Special Area
c.Marine Pollutant

HUKUM MARITIM
1.a.Jelaskan pengertian awak kapal berdasarkan UU No.17 Tahun 2008!
b.Apakah Nakhoda juga termasuk awak kapal berdasarkan UU di atas?
c.Apa pula yang dimaksud dengan ABK berdasarkan UU tersebut?
2.a.Kapal dengan isi kotor berapa yang wajib didaftarkan?
b.Apa tujuan dari pendaftaran kapal tersebut?
c.Apa yang dimaksud dengan Surat Laut?
3.a.Sebutkan 4 macam kewajiban Nakhoda!
b.Salah satu kewajiban Nahkoda adalah kewajiban terhadap kapal dan kewajiban terhadap ABK.Tulis masing-masing 2 contoh kewajiban tersebut!
4.a.Kapal-kapal dengan isi kotor berapa yang diwajibkan menyelenggarakan Buku Harian Kapal?
b.Apa manfaat/kegunaan kapal menyelenggarakan Buku Harian?
5.a.Apa yang dimaksud dengan PKL?
b.Sebutkan macam PKL dilihat dari jenis dan macamnya!
c.Berakhirnya PKL dapat terjadi secara wajar dan tidak wajar/alasan mendesak Berikan 3 contoh berakhirnya PKL secara wajar!

*) WAKTU 90 MENIT
*) BOBOT NILAI TIAP SOAL = 20

Cukup sekian Kumpulan Soal-Soal Ujian Keahlian Pelaut (UKP) Pra Prala ANT IV,
mohon ma'af apabila ada salah kata, dan semoga bermanfaat untuk kalian semua.